RPP KARAKTER

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata pelajaran             : FISIKA

Kelas/Semester            : XII/ Genap

Satuan Pendidikan      : SMA/MA

Alokasi Waktu            : 8 x 45 menit

  1. Standar Dasar : 5. Menerapkan konsep kelistrikan dalam berbagai penyelesaian masalah dan bebagai produk teknologi
  2. Kompetensi Dasar : 5.1. Memformulasikan besaran-besaran listrik rangkain tertutup sederhana (satu loop).

III. Karakter : Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu ,Percaya diri, dan Tanggung Jawab.

IV. Indikator :

  1. Menjelaskan pengertian bunyi hukum ohm, bahan-bahan penghantar listrik dan alat-alat ukur listrik.
  2. Menghitung besar beda potensial, besar arus listrik, dan besar hambatan listrik pada suatu penghantar listrik menggunakan.
  3. Menjelaskan jenis-jenis hambatan listrik, hambatan jenis bahan dan cara kerjanya.
  4. Menghitung besar nilai suatu hambatan pada resistor dan besar hambatan bahan.

 

  1. Tujuan Pembelajaran
    1. Produk
      1. Menggunakan pendekatan CTL siswa diharapkan mampu menjelaskan pengertian bunyi hukum ohm, bahan-bahan penghantar listrik dan alat-alat ukur listrik.
      2. Menggunakan pendekatan CTL siswa diharapkan mampu menghitung besar beda potensial, besar arus listrik, dan besar hambatan listrik.
      3. Menggunakan pendekatan CTL siswa diharapkan mampu menjelaskan jenis-jenis hambatan listrik, hambatan jenis bahan dan kerjanya
      4. Menggunakan pendekatan CTL siswa diharapkan mampu menghitung besar nilai suatu hambatan pada resistor dan besar hambatan bahan.
      5. Proses

Siswa dapat melakukan pengamatan terhadap pengukuran  hambatan dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Keterampilan Sosial
    1. Jujur dalam mengerjakan tugas.
    2. Toleransi terhadap sesama manusia.
    3. Kerja keras dalam kehidupan sehari-hari.
    4. Mandiri dalam kehidupan sehari-hari.
    5. Demokratis.
    6. Rasa ingin tahu.
    7. Percaya diri saat menyampaikan pendapat.
    8. Tanggung Jawab pada tugas mandiri atau kelompok.

VI. Materi Pelajaran : Hukum Ohm

Pendekatan dan Metode Pelajaran :

Pendekatan : CTL

Model : Pembelajaran kelompok

Metode : Ceramah/Demonstrasi/tanya jawab/eksperimen

  1. Alat dan bahan

Satu set alat, LKS, buku fisika yang relevan

  1. Kegiatan Pembelajaran:

Pertemuan ke – 1

  1. Pendahuluan (10 menit)
    1. Memberi salam kepada siswa dan menanyakan kehadiran.
    2. Menyamapikan apersepsi tentang hukum kelistrikan untuk menghitung hambatan.
    3. Menyampaiakan motivasi : Manfaat hukum ohm dalam kehidupan sehari-hari.
    4. Menyampaikan SK, KD, dan Indikator.
    5. Kegiatan inti (60 menit)
      1. Menyajikan informasi tentang hukum ohm dan aplikasinya kedalam kehidupan sehari-hari.
      2. Memberi penekanan-penekanan terhadap pengukuran  hukum ohm dalam rangkaian secara teori.
      3. Siswa dibagi kedalam kelompok kecil dan dibagikan LKS untuk melakukan kegiatan.
      4. Membimbing tiap kelompok untuk mengerjakan LKS.
      5. Melakukan evaluasi formatif dengan cara mempresentasikan hasil percobaan dan kelompok lain mengajukan pertanyaan.
      6. Penutup (20 menit)
        1. Meminta siswa mengungkapkan pertanyaan yang belum dipahami.
        2. Meminta siswa menyimpulkan pembelajaran.
        3. Memberikan pekerjaan rumah.

IX. Kegiatan Pembelajaran:

Pertemuan ke – 2

  1. Pendahuluan (10 menit)
    1. Memberi salam kepada siswa dan menanyakan kehadiran.
    2. Menyampaiakan motivasi : Manfaat hukum ohm  dalam kehidupan sehari-hari.
    3. Kegiatan inti (60 menit)
      1. Menyajikan informasi tentang  hukum Ohm.
      2. Memberi penekanan-penekanan terhadap cara melakukan eksperimen.
      3. Tiap-tiap kelompok kecil dan dibagikan LKS untuk melakukan kegiatan.
      4. Guru membimbing siswa dalam melakukan eksperimen.
      5. Mengontrol tiap kelompok eksperimen.
      6. Melakukan evaluasi formatif dengan cara mempresentasikan hasil yang telah dikerjakan di dalam LKS dan kelompok lain mengajukan pertanyaan.
      7. Penutup (20 menit)
        1. Meminta siswa mengungkapkan pertanyaan yang belum dipahami.
        2. Meminta siswa menyimpulkan pembelajaran.
  2. Materi Pelajaran : Hambatan Listrik

Pendekatan dan Metode Pelajaran :

Pendekatan : CTL

Motodel : Pembelajaran kelompok

Metode : Ceramah/Demonstrasi/tanya jawab/eksperimen

  1. XI.  Alat dan bahan

Satu set alat, LKS, buku fisika yang relevan, modul

XII. Kegiatan Pembelajaran:

Pertemuan ke – 3

  1. Pendahuluan
    1. Memberi salam kepada siswa dan menanyakan kehadiran.
    2. Menyampaikan apersepsi tentang hambatan listrik
    3. Menyampaiakan motivasi : Manfaat hambatan listrik dalam kehidupan sehari-hari.
    4. Menyampaikan SK, KD, dan Indikator.
    5. Kegiatan inti (60 menit)
      1. Menyajikan informasi tentang hambatan listrik dan aplikasinya kedalam kehidupan sehari-hari.
      2. Memberi penekanan-penekanan terhadap hambatan listrik.
      3. Siswa dibagi kedalam kelompok kecil dan dibagikan LKS untuk melakukan kegiatan.
      4. Guru membimbing siswa untuk memahami konsep hambatan listrik.
      5. Mengontrol tiap kelompok belajar.
      6. Membimbing tiap kelompok untuk mengerjakan LKS.
      7. Melakukan evaluasi formatif dengan cara mempresentasikan hasil yang telah dikerjakan di dalam LKS dan kelompok lain mengajukan pertanyaan.
      8. Penutup (20 menit)
        1. Meminta siswa mengungkapkan pertanyaan yang belum dipahami.
        2. Meminta siswa menyimpulkan pembelajaran.
        3. Memberikan pekerjaan rumah.
  2. Kegiatan Pembelajaran:

Pertemuan ke – 4

  1. Pendahuluan (10 menit)
    1. Memberi salam kepada siswa dan menanyakan kehadiran.
    2. Menyampaiakan motivasi : Manfaat hambatan listrik dalam kehidupan sehari-hari.
    3. Kegiatan inti (60 menit)
      1. Menyajikan informasi tentang rangkaian hambatan listrik.
      2. Memberi penekanan-penekanan terhadap cara melakukan eksperimen.
      3. Tiap-tiap kelompok kecil dan dibagikan LKS untuk melakukan kegiatan.
      4. Guru membimbing siswa dalam melakukan eksperimen.
      5. Mengontrol tiap kelompok eksperimen.
      6. Melakukan evaluasi formatif dengan cara mempresentasikan hasil yang telah dikerjakan di dalam LKS dan kelompok lain mengajukan pertanyaan.
      7. Penutup (20 menit)
        1. Meminta siswa mengungkapkan pertanyaan yang belum dipahami.
        2. Meminta siswa menyimpulkan pembelajaran.
        3. Penilaian
          1. Kognitif

Aspek yang dinilai

Jawaban

Nilai

Tes tertulis PG dan essay    

 

  1. Afektif

Rubrik penilaiana presentasi.

No

Aspek yang dinilai

Skor

4 3 2 1
1

2

3

4

5

Tepat waktu

Jujur dalam mengerjakan tugas

Menghargai pendapat orang lain

Rasa tanggung jawab

Menjawab dan menyampaikan gagasan.

       
 

Jumlah

 

 

  1. Psikomotor

Rubrik penilaian unjuk kerja

No

Aspek yang dinilai

Skor

4 3 2 1
1

2

3

4

5

6

Menggunakan alat dengan benar

Merancang alat dengan benar

Dapat membeca skala pada alat pengukuran

Dapat mengisi tabel percobaan

Menyampaikan pendapat/bertanya

       
 

Jumlah

 

 

Nilai tertulis =

  1. Sumber Belajar
    1. Buku fisika kelas X yang relefan.
    2. LKS
    3. Medi power point.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s