Manfaat ICT (News)

Perbedaan penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi informasi (TI) terhadap motivasi dan prestasi belajar fisika

1 Vote

 

Diunggah dari : http://library.um.ac.id/free-contents/index.php/pub/detail/perbedaan-penggunaan-media-pembelajaran-berbasis-teknologi-informasi-ti-terhadap-motivasi-dan-prestasi-belajar-fisika-pada-siswa-smk-negeri-1-panji-kabupaten-situbondo-paimin-47948.html

 

Sebagai bagian dari ilmu pengetahuan alam (IPA), Fisika adalah ilmu yang mempelajari tentang fenomena alam. Belajar fisika bukan hanya belajar menghafal rumus, belajar menghitung, atau belajar konsep, tetapi berusaha menumbuh kembangkan sikap, keterampilan berpikir melakukan metode penyelidikan dan percobaan dalam bidang fisika. Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya perbedaan prestasi dan motivasi siswa yang belajar dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi (TI) dengan siswa yang belajar tanpa menggunakan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi (TI) pada SMK Negeri 1 Panji Kabupaten Situbondo.

Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Rancangan penelitian ini menggunakan Pretes dan Postes dengan Kelompok Pengendali Tidak Diacak pada dua kelompok yaitu Kelompok I sebagai kelompok eksperimen yang belajar dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi (TI) dan Kelompok II sebagai kelompok pembanding yang belajar dengan konvensional. Penentuan pengambilan kelompok eksperimen dan kelompok pembanding dilakukan secara random. Instrumen yang digunakan adalah soal tes yang diujicobakan dan dicari Validitas, Reabilitas, Tingkat Kesukaran, dan Daya Beda, dan dianalisis dengan statistik uji t.

Hasil analisis uji prestasi diperoleh thitung sebesar 3.99, sedangkan ttabel sebesar 2.304 sehingga thitung > ttabel, Hasil analisis uji motivasi diperoleh thitung sebesar 7.55, sedangkan ttabel sebesar 2.304 sehingga thitung > ttabel. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan : terdapat perbedaan prestasi dan motivasi yang signifikan antara kelas yang belajar dengan penggunaan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi (TI) dengan kelas yang belajar tanpa dengan penggunaan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi (TI)

diposkan dari: http://edwardfkipfisika.wordpress.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s