CARA BIKIN BLOG DARI WORDPRESS

MODUL :::WORDPRESS:::

Tujuan Instruksi Khusus :
1. Memahami web-blog dengan menggunakan wordpress
2. Memahami dan mempraktekan cara posting, category, link, page, comment, appearance, dan setting pada wordpress
3. Penggunaan widget pada wordpress

I. LANDASAN TEORI
I.1. WORDPRESS
ordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software). Selain sebagai blog, WordPress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. WordPress adalah penerus resmi dari b2/cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrighi. Nama WordPress diusulkan oleh Christine Selleck, teman ketua pengembang (developer), Matt Mullenweg.

I.2. PERKEMBANGAN WORDPRESS
Matt Mullenweg yang merupakan pengguna aktif dari b2 mengetahui bahwa proses pengembangan b2 dihentikan oleh pemrogramnya (programmer) yang bernama Michel Valdrighi, Matt Mullenweg merasa sayang dan mulai melanjutkan pengembangan b2. WordPress muncul pertama kali di tahun 2003 hasil kerja keras Matt Mullenweg dengan Mike Little. Yang membuat WordPress makin terkenal, selain karena banyaknya fitur dan tampilan yang menarik, adalah juga karena dukungan komunitas terhadap perangkat lunak sumber terbuka untuk blog.WordPress.org.
WordPress.com merupakan situs layanan blog yang menggunakan mesin WordPress, didirikan oleh perusahaan Automattic. Dengan mendaftar pada situs WordPress.com, pengguna tidak perlu melakukan instalasi atau konfigurasi yang cukup sulit. Sayangnya, pengguna WordPress.com tidak dapat mengubah template standar yang sudah disediakan. Artinya, pengguna tidak dapat menambahkan asesori apa pun selain yang sudah disediakan. Meski demikian, fitur yang disediakan oleh WordPress.com sudah cukup bagus.
WordPress.org merupakan wilayah pengembang (developer). Di alamat ini, seseorang dapat mengunduh (download) aplikasi beserta seluruh berkas CMS WordPress. Selanjutnya, CMS ini dapat diubah ulang selama seseorang menguasai PHP, CSS dan skrip lain yang menyertainya. WordPress dengan Bahasa Indonesia ada berkat kerja para kontributor di Indonesia yang dipimpin oleh Huda Toriq, seorang Mahasiswa Kedokteran dari Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang.
I.3. KEUNGGULAN WORDPRESS
WordPress memiliki banyak keunggulan dan fitur untuk dunia blog, antara lain :
• Gratis. Untuk mendapatkan perangkat lunak WordPress hanya perlu mengunduh dari situsnya tanpa dipungut biaya, bahkan untuk blog komersial sekalipun.
• Berbasis kode sumber terbuka (open source). Pengguna dapat melihat dan memperoleh barisan kode-kode penyusun perangkat lunak WordPress tersebut secara bebas, sehingga pengguna tingkat lanjut yang memiliki kemampuan pemrograman dapat bebas melakukan modifikasi, bahkan dapat mengembangkan sendiri program WordPress tersebut lebih lanjut sesuai keinginan.
• Templat atau desain tampilannya mudah dimodifikasi sesuai keinginan pengguna. Sehingga apabila pengguna memiliki pengetahuan HTML yang memadai, maka pengguna tersebut dapat berkreasi membuat template sendiri. Pengguna yang tidak mengerti HTML, tentu saja masih dapat memilih ribuan template yang tersedia di internet secara bebas, yang tentu saja gratis.
• Pengoperasiannya mudah.
• Satu blog WordPress, dapat digunakan untuk banyak pengguna (multi user). Sehingga WordPress juga sering digunakan untuk blog komunitas. Anggota komunitas tersebut dapat berperan sebagai kontributor.
• Jika pengguna sebelumnya telah mempunyai blog tidak berbayar, misalnya di alamat Blogger, LiveJournal, atau TypePad, pengguna dapat mengimpor isi blog-blog tersebut ke alamat hosting blog pribadi yang menggunakan perangkat lunak WordPress. Dengan demikian pengguna tidak perlu khawatir isi blog yang lama akan menjadi sia-sia setelah menggunakan perangkat lunak WordPress.
• Selain pengguna yang banyak, banyak pula dukungan komunitas (community support) untuk WordPress.
• Tersedia banyak plugin yang selalu berkembang. Plugin WordPress sendiri yaitu sebuah program tambahan yang bisa diintegrasikan dengan WordPress untuk memberikan fungsi-fungsi lain yang belum tersedia pada instalasi standar. Misalnya plugin anti-spam, plugin web counter, album foto.
• Kemampuan untuk dapat memunculkan XML, XHTML, dan CSS standar.
• Tersedianya struktur permalink yang memungkinkan mesin pencari mengenali struktur blog dengan baik.
• Mampu mendukung banyak kategori untuk satu artikel. Satu artikel dalam WordPress dapat dikatogorisasikan ke dalam beberapa kategori. Dengan multikategori, pencarian dan pengaksesan informasi menjadi lebih mudah.
• Fasilitas Trackback dan Pingback. Juga memiliki kemampuan untuk melakukan otomatis Ping (RPC Ping) ke berbagai search engine dan web directory, sehingga website yang dibuat dengan WordPress akan lebih cepat ter index pada search engine.
• Fasilitas format teks dan gaya teks. WordPress menyediakan fitur pengelolaan teks yang cukup lengkap. Fitur – fitur format dan gaya teks pada kebanyakan perangkat lunak pengolah kata seperti cetak tebal, cetak miring, rata kanan, rata kiri, tautan tersedia di WordPress.
• Halaman statis (Halaman khusus yang terpisah dari kumpulan tulisan pada blog).
• Mendukung LaTeX.

II. LATIHAN
II.1. MEMBUAT DOMAIN BARU
Proses ini diawali dengan http://www.wordpress.com pada browser sehingga muncul gambar berikut ini.
Proses registrasi diawali dengan memasukan e-mail address, username, memasukan nama blog-address, kemudian untuk memprosesnya dengan cara menekan tombol create blog.
Proses selanjutnya meminta user untuk mengaktifkan blog yang informasinya ada pada email yang telah dibuat. Lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar berikut.
Proses mengaktifkan blog dapat dilakukan dengan cara menekan tombol activate blog pada pesan masuk e-mail anda. Terlihat pada gambar berikut ini.

Proses selanjutnya adalah pada tab windows yang baru terlihat tampilah dashboard untuk perancangan blog. Terlihat pada gambar berikut.

 

Seperti pada gambar diatas, tampilan dashboard web-blog anda terdiri dari beberapa komponen yang telah disediakan oleh wordpress yang dipakai untuk merancang blog.

II.2. KOMPONEN WORDPRES
Komponen-komponen yang disediakan secara default oleh wordpress diantaranya seperti; Store yang terdiri dari premium themes, domains, my upgrades, dan billing history; Post yang terdiri dari new post, categories, tag, dan copy a post; Media terdiri dari library; Links terdiri dari new links dan link categories; Pages terdiri dari new pages dan copy a page; comments, Feedback terdiri dari polls dan ratings; appearance yang terdiri dari Themes, widgets, Menus, Headers, Background, Custom design dan mobile; Users terdiri dari Invite new, my profile, dan personal settings; tools terdiri dari avaliabel tools, import, delete blog, dan export; dan setting yang terdiri dari, general, writing, reading, discussion, media, sharing, pools, ratings, Email post changes, text messaging, opened dan webhooks.
Masing-masing komponen memiliki fungsi tersendiri sesuai dengan nama dari setiap komponen.
II.2.1. POST
Post terdiri dari beberapa komponen diantaranya seperti new post, categories, tag, dan copy a post. Lebih jelasnya terlihat pada gambar berikut.

All Post : menampilkan seluruh post yang ada
Add New : Membuat post baru
Categories : Membuat kategori baru
Tag : Membuat Tag yang baru
Copy a Post : Menduplikasi post

 

 
Klik pada All Post sehingga akan muncul seluruh tampilan post yang telah dibuat pada wordpress. Lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar berikut ini.

Terlihat pada gambar diatas secara default wordpress sudah membuat sebuah post dengan judul Hello World …

ADD NEW POST
Langkah-langkah yang dilakukan untuk membuat post yang baru seperti pada urutan gambar berikut ini. Menekan tombol ADD NEW, sehingga muncul gambar berikut.

Setelah tombol PUBLISH diklik maka akan muncul informasi seperti terlihat pada gambar berikut.

 

Pada gambar disamping terlihat hasil post yang telah dibuat. Amati hasilnya dan dibuat 2 post lainnya sesuai dengan kebutuhan anda.
Contoh :
Judul : Pertemuan perdana
Isi : ini adalah halaman pertemuan perdana
1.
CATEGORIES
Langkah-langkah yang dilakukan untuk membuat categories yang baru seperti pada urutan gambar berikut ini. Menekan tombol CATEGORIES, sehingga muncul gambar berikut.

Amati hasilnya … !!! (ada penambahan categories yang baru)
– Tambahkan 2 kategori masing-masing pada induk NEWS, seperti berikut ini :
1. Berita
2. Agenda

II.2.2. MEDIA
Media terdiri dari library yang berfungsi untuk menyimpan data berbasis gambar pada media tersebut.

LIBRARY
Langkah-langkah yang dilakukan untuk membuat library yang baru seperti pada urutan gambar berikut ini. Menekan tombol LIBRARY, sehingga muncul gambar berikut.

Terlihat pada gambar diatas, jika tombol add new diklik maka tampilan pembuata library yang baru terlihat pada gambar berikut ini.

Terlihat pada gambar diatas, jika tolbol select files diklik, maka proses selanjutnya adalah memilih objek yang akan dimasukan kedalam media seperti terlihat pada gambar berikut.

 

Seperti pada gambar disamping ini adalah jenis gambar yang dipilih misalnya seperti terarsir pada pointer. Setelah gambar tersebut terpilih, klik mouse pada tombol open untuk membuka file tersebut, sehingga muncul pada gambar berikut ini.

 

Seperti pada gambar diatas. Amati hasilnya … !!!
– Tambah data media dengan cara seperti petunjuk diatas sebanyak 3 media dengan jenis gambar bertema “pengenalan internet dan WEB” … !!!

II.2.3. LINK
Link adalah sebuah komponen yang berfungsi untuk menghubungkan atau melakukan sambungan ke address atau URL yang lain.
Pada komponen ling terdapat add new untuk membuat link yang baru dan link categories .

 

Langkah-langkah yang dilakukan untuk membuat link yang baru seperti pada urutan gambar berikut ini. Menekan tombol ALL LINK, sehingga muncul gambar berikut.

Seperti pada gambar diatas, jika tombol add new di klik, maka akan muncul page yang digunakan untuk membuat link yang baru seperti terlihat pada gambar berikut.

Seperti pada gambar diatas 4 langkah dalam pembuatan link. Amati hasilnya….

– Buat 2 link baru dengan criteria seperti berikut :
1. Name : Twitter
Web-address : http://twitter.com
2. Name : YoutTube
Web-address : http://youtube.com

II.2.4. PAGES
Pages merupakan sebuah halaman yang terdiri dari judul dan isi halamannya. page terdiri dari all pages yang berfungsi untuk menampilkan seluruh page yang telah di masukan dalam wordpress; add new yang digunakan untuk membuat page yang baru dan copy a page yang digunakan untuk menduplikasi page
Langkah-langkah yang dilakukan untuk membuat page yang baru seperti pada urutan gambar berikut ini. Menekan tombol ALL pages, sehingga muncul gambar berikut.

Seperti pada gambar diatas, jika tombol add new di klik, maka akan muncul page yang digunakan untuk membuat halaman yang baru seperti terlihat pada gambar berikut.

Seperti pada gambar diatas 3 langkah dalam pembuatan page. Amati hasilnya….
– Buat 2 page dengan ketentuan seperti berikut ini.
1. Name : PROFILE
Isi page : masukan (nim, nama lengkap, alamat, jenis kelamin, agama, jurusan, jenjang)
2. Name : SEMESTER I
Isi page (masukan nama-nama matakuliah yang diajarkan pada semester I)
II.2.5. FEEDBACK
Feedback terdiri dari 2 komponen yaitu poll dan ratings. Poll digunakan untuk membuat polling sebuah pertanyaan yang dibuat dengan tipe-tipe yang beragam. Ratings digunakan untuk memanajemen hasil posting yang telah dilakukan.
Langkah-langkah yang dilakukan untuk membuat poll yang baru seperti pada urutan gambar berikut ini. Menekan tombol POLLS, sehingga muncul gambar berikut.

Seperti pada gambar diatas 3 langkah dalam pembuatan polls. Amati hasilnya….

II.2.6. APPEARANCE

 

Appearance terdiri dari komponen themes yang berfungsi mengatur tampilan blog, widgets yang digunakan untuk mengatur tampilan sidebar, Menus yang digunakan untuk membuat menu, Header untuk mengatur tampilan header blog, background untuk tampilan latarbelakar custom design untuk pengaturan selruh jenis opsi yang ada pada web, dan mobile.

 
Langkah-langkah yang dilakukan untuk membuat Themes yang baru seperti pada urutan gambar berikut ini. Menekan tombol THEMES, sehingga muncul gambar berikut.

Seperti pada gambar diatas adalah langkah dalam pemilihan themes. Amati hasilnya….

Langkah-langkah yang dilakukan untuk pemilihan wirdgets yang baru seperti pada urutan gambar berikut ini. Menekan tombol WIDGETS, sehingga muncul gambar berikut.

LATIHAN :
– Drag and Drop BLOG STAT
– Drag and Drop LINKs
Langkah-langkah yang dilakukan untuk pembuatan MENU yang baru seperti pada urutan gambar berikut ini. Menekan tombol MENUS, sehingga muncul gambar berikut.

Seperti pada gambar diatas langkah dalam pembuatan Menu. Amati hasilnya….

Seperti pada gambar diatas langkah dalam pembuatan Menu. Amati hasilnya….

Langkah-langkah yang dilakukan untuk pengaturan HEADER yang baru seperti pada urutan gambar berikut ini. Menekan tombol HEADER, sehingga muncul gambar berikut.

Maka hasil dari proses pemilihan header ditampilkan seperti pada gambar berikut ini.

Klik tombol SAVE CHANGES untuk menyimpan data

Langkah-langkah yang dilakukan untuk pengaturan BACKGROUND yang baru seperti pada urutan gambar berikut ini. Menekan tombol BACKGROUND, sehingga muncul gambar berikut.

Maka hasil dari proses pemilihan header ditampilkan seperti pada gambar berikut ini.
Klik tombol SAVE CHANGES untuk menyimpan data

II.2.7. USERS

 

Komponen users terdiri dari all user yang digunakan untuk menampilkan seluruh aktivitas yang ada pada blog kita; invite new, my profile yang digunakan untuk menampilkan profil dari blog yang dibuat dan personal setting.

 

Langkah-langkah yang dilakukan untuk menampilkan ALL USERS seperti pada urutan gambar berikut ini. Menekan tombol ALL USERS, sehingga muncul gambar berikut.

Langkah-langkah yang dilakukan untuk mengupdate profile seperti pada urutan gambar berikut ini. Menekan tombol PROFILE, sehingga muncul gambar berikut.

II.2.8. SETTINGS

 

 
Setting adalah proses pengaturan sistem yang ada dalam web-blog. Setting pada wordpress terdiri dari beberapa komponen yang difungsikan sesuai dengan nama dari setiap komponen

 

 

 

Langkah-langkah yang dilakukan untuk pengaturan general seperti pada urutan gambar berikut ini. Menekan tombol GENERAL, sehingga muncul gambar berikut.

Klik tombol SAVE CHANGES untuk menyimpan data.
III. TUGAS
I.1. UPDATE DATA
Ubahlah seluruh komponen dalam wordpress anda sehingga tampilan dan informasi dapat dinikmati oleh para pencinta cyber-blog, diantaranya seperti :
– Tambah 10 post yang ada kaitannya dengan pemanfaatan web-blog dengan menggunakan wordpress. (tulisan dapat dikutip dari berbagai situs).
– Tambahkan 5 kategori. Setiap kategori disesuaikan dengan aktifitas anda sehari-hari di areal kampus.
– Tambahan 10 media (gambar) yang ada kaitannya denga aktivitas di kampus.
– Tambahkan 5 Link yang diambil dari setiap situs-situs yang menginformasikan tentang hardware dan software
– Tambahkan 5 Page, isi dari masing-masing page berkaitan dengan penulisan materi tentang pengenalan internet dan WEB.
– Meminta teman-teman anda untuk polling pada blog anda (polling sebanyak kelas anda)
– Tambahkan widget lainnya sesuai dengan kreasi anda

:::Tugas ini akan diperiksa pada akhir semester dan merupakan bagian dari nilai matakuliah yang anda ampuL:::

DIPOSKAN DARI: EDWARD GLAND TETELEPTA

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s