PCK (PAEDAGIGICAL COUNTENT KNOWLAGE) SILABUS DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SUHU DAN KALOR

PCK (PAEDAGIGICAL COUNTENT KNOWLAGE)

SILABUS DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) SUHU DAN KALOR

 

 

NAMA: HARTANTO

NIM: 2010-43-104

PRODI: PEND. FISIKA

 

 

 

UNIVERSITAS PATTIMURA

JURUSAN PENDIDIKAN MIPA

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA

AMBON

2013

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Mata pelajaran             : FISIKA

Kelas/Semester            : XII/ Ganjil

Alokasi Waktu            : 2 x 45 menit

  1. Standar Kompetens : 2.
  2. II. Kompetensi Dasar  : 2.1.
    1. Indikator :
      1. Menjelaskan pengertian suhu.
      2. Menjelaskan penyebab terjdainya suhu, sifat termometer, dan batas atas dan batas bahwa.
      3. Menjelaskan pengertian termiometer, jenis-jenis termometer, sifat-sifat termometer, fungsi, dan penyusun termometer
      4. Menganalisis cara kerja termometer raksa, termometer alkohol, termometer platina, dan termometer kopel atau bimetal.
      5. Menjelaskan pengertian pemuaian.
      6. Menjelaskan manfaatdan kerugian pemuaian, penyebab terjadinya pemuaian.
      7. Mengidentifikasi jenis-jenis pemuaian.
      8. Menjelaskan pengertian koofesien muai panjang pada bahan, pemuaian pemuaian zat padat, pemuaian luas, pemuaian zat cair, dan pemuaian zat gas.
      9. Memformulasikan pemuaian zat padat, pemuaian luas, pemuaian zat cair, dan pemuaian zat gas.
      10. Memformulasikan hukum boyle, gay-lussac, dan hukum tekanan.
      11. Menghitung besar nilai pemuaian pada pemuaian zat padat, pemuaian luas, pemuaian zat cair, dan pemuaian zat gas.
      12. Menjelaskan pengertian kalor dan kalor jenis, kasitas kalor.
      13. Mengidentifikasi besaran-besaran kalor.
      14. Memformulasikan kalor jenis dan kapasitas kalor.
      15. Menghitung kalor jenis dan kapasitas kalor.
      16. Menjelaskan pengaruh kalor pada perubahan kalor pada suhu.
      17. Memformulasikan pengaruh kalor pada perubahan kalor pada suhu.
      18. Menjelaskan pengertian perubahan wujud zat.
      19. Mengidentifikasi jenis-jenis perubahan wujud zat.
      20. Menjelaskan pengertian kalor lebur dan kalor lebur, kalor beku, kalor uap dan kalor embun.
      21. Memformulasikan kalor lebur atau kalor didih dan kalor embun.
      22. Menghitung kalor lebur atau kalor didih dan kalor embun.
      23. Menjelaskan pengertian perindahan kalor, jenis-jenis perpindahan kalor, dan konduksi, konveksi, dan radiasi.
      24. Memformulasikan konduksi, konveksi, dan radiasi.
      25. Menghitung besar nilai konduksi, konveksi, dan radiasi.
    2. Tujuan Pembelajaran

                                          1.         Dengan menggunakan strategi kooperatif siswa diharapkan mampu menjelaskan pengertian suhu dengan baik.

                                          2.         Dengan menggunakan metode ceramah siswa diharapkan mampu menjelaskan terjadinya suhu, sifat-sifat termometer, dan batas atas dan batas bawah.

                                          3.         Dengan menggunakan metode ceramah siswa diharapkan mampu menjelaskan pengertian termiometer, jenis-jenis termometer, sifat-sifat termometer, fungsi, dan penyusun termometer.

                                          4.         Dengan menggunakan metode ceramah dan media power point siswa diharapkan mampu menganalisis cara kerja termometer raksa, termometer alkohol, termometer platina, dan termometer kopel atau bimetal.

                                          5.         Dengan menggunakan metode ceramah dan media power point untuk menghitung perubahan suhu pada skala kelvin-selcius, celcius-fahrenheit, celcius-reamur, dan celcius-kelvin.

                                          6.         Menggunakan metode ceramah siswa diharapkan mampu menjelaskan pengertian pemuaian dengan baik.

                                          7.         Menggunakan metode ceramah siswa diharapkan mampu menjelaskan manfaatdan kerugian pemuaian, penyebab terjadinya pemuaian.

                                          8.         Menggunakan strategi kooperatif dan media power point siswa diharapkan mampu menjelaskan pengertian koofesien muai panjang pada bahan, pemuaian pemuaian zat padat, pemuaian luas, pemuaian zat cair, dan pemuaian zat gas.

                                          9.         Menggunakan metode ceramah dan tanya jawab siswa diharapkan mampu Memformulasikan pemuaian zat padat, pemuaian luas, pemuaian zat cair, dan pemuaian zat gas dengan baik.

                                      10.         Menggunakan metode ceramah dan power poin siswa diharapkan mampu menerapkan hukum boyle, gay-lussac, dan hukum tekanan.

                                      11.         Menggunakan metode ceramah dan tanya jawab siswa diharapkan mampu Menghitung besar nilai pemuaian pada pemuaian zat padat, pemuaian luas, pemuaian zat cair, dan pemuaian zat gas.

  1. Materi Pembelajaran         : Termometer
  2. Metode Pembelajaran       : Ceramah, Tanya jawab, kooperatif, media power

   point.

  1. Kegiatan Pembelajaran.

      Pertemuan ke: 1

  1. Kegiatan awal

 

Alokasi waktu

Pengelolaan kelas

Guru

Siswa

 

 

  1. Guru menyampaikan salam kepada siswa.
  2. Guru menanyakan kehadiran siswa (absensi).
  3. Guru memberikan apersepsi terkait konsep yang akan diajarkan:
  • Anak-anak pernahkan kalian merasakan dingin dan panasnya air? Hal apakah yang mempengaruhi: jawabannya: suhu
  • Tahukah apa yang digunakan untuk mengukur suhu? Jawaban: termometer
  1. Guru memberi motivasi kepada siswa:
  • Manfaat muatan suhu dalam dunia teknologi sangat berguna contohnya untuk menambah kalor atau energi.
  1. Guru menyampaiakan Indikator Pelajaran dan Tujuan Pembelajaran menggunakan media power point.
    1. Guru meminta salah satu siswa untuk membagikan buku fisika.
      1. Siswa menjawab salam
      2. Ketua kelas menjawab jumlah siswa yang hadir dan tidak hadir.
      3. Siswa menjawab apersepsi dari guru.
      4. Siswa mendengarkan motivasi yang disampaikan oleh guru.
      5. Siswa mendengarkan dengan saksama yang disampaikan oleh guru.
      6. Siswa membagiakan buku fisika kepada teman-temannya.
 

5 menit

Klasikal

  1. Kegiatan Inti

 

 

Guru

Siswa

 

 

  1. Guru menggunakan metode ceramah dan tanya jawab serta strategi kooperatif untuk menjelaskan pengertian suhu.
  2. Guru menjelaskan penyebab terjadinya suhu, sifat termometer, dan batas atas dan batas bahwa metode ceramah.
  3. Guru menggunakan metode ceramah dan tanya jawab serta strategi kooperatif untuk menjelaskan pengertian termiometer, jenis-jenis termometer, sifat-sifat termometer, fungsi, dan penyusun termometer.
  4. Guru menggunakan metode ceramah dan media power point untuk menganalisis cara kerja termometer raksa, termometer alkohol, termometer platina, dan termometer kopel atau bimetal.
  5. Guru menggunakan metode ceramah dan media power point untuk menghitung perubahan suhu pada skala kelvin-selcius, celcius-fahrenheit, celcius-reamur, dan celcius-kelvin.
  • Tentukan besar suhu berikut dalam skala kelvin.
  1. -20˚C
  2. 247 ˚C

Jawab

  1. =

 

  1. =

 

  1. Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang bertanya.
  2. Guru memberi kesempatan dan apresiasi kepada siswa.
  3. Guru menjawab pertanyaan siswa.

 

  1. Siswa mendengarkan dengan penuh perhatian.
  2. Siswa mendengarkan dengan penuh perhatian.
  3. Siswa mendengarkan dengan penuh perhatian.
  4. Siswa mendengarkan dengan penuh perhatian.
  5. Siswa mendengarkan dan merespon pernyataan dan penjelasan guru.
  6. Siswa bertanya terkait konsep yang belum dimengerti.
  7. Siswa mendengarkan dengan penuh perhatian serta merespon pertnyataan dari guru dengan baik.

30 menit

Klasikal

  1. Kegiatan Akhir

 

 

Guru

Siswa

 

 

  1. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyimpulkan pelajaran yang telah dipelajari.
  2. Guru memberi kesimpulan yang benar.
  3. Guru memberikan tugas kepada siswa.
  • Diketahui suhu suatu benda adalah 45˚ C, tentukan suhu tersebut dalam skala.
  1. Reamur
  2. Fahrenheit
  3. Kelvin
  4. Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
  5. Siswa mendengar kesimpulan yang dijelaskan oleh guru.
  6. Siswa mencatat tugas yang diberikan.
 

10 menit

Klasikal

 

  1. Materi Pembelajaran         : Pemuaian
  2. Metode Pembelajaran       : Ceramah, Tanya jawab, kooperatif, media power

   point.

  1. Kegiatan Pembelajaran.

      Pertemuan ke: 1

  1. Kegiatan awal

 

Alokasi waktu

Pengelolaan kelas

Guru

Siswa

 

 

  1. Guru menyampaikan salam kepada siswa.
  2. Guru menanyakan kehadiran siswa (absensi).
  3. Guru memberikan apersepsi terkait konsep yang akan diajarkan:
  • Anak-anak pernahkan kalian melihat sebuah logam besi yang melengkung akibat pemanasan? Apa yang menyebabkan besi melengkung? Jawaban: akibat pemuaian
  1. Guru memberi motivasi kepada siswa:
  • Manfaat dari salah satu pemuaian adalah pemuaian pada air raksa yang digunakan untuk mengukur suhu.
  1. Guru menyampaiakan Indikator Pelajaran dan Tujuan Pembelajaran menggunakan media power point.
    1. Guru meminta salah satu siswa untuk membagikan buku fisika.
      1. Siswa menjawab salam
      2. Ketua kelas menjawab jumlah siswa yang hadir dan tidak hadir.
      3. Siswa menjawab apersepsi dari guru.
      4. Siswa mendengarkan motivasi yang disampaikan oleh guru.
      5. Siswa mendengarkan dengan saksama yang disampaikan oleh guru.
      6. Siswa membagiakan buku fisika kepada teman-temannya.
 

5 menit

Klasikal

  1. Kegiatan Inti

 

 

Guru

Siswa

 

 

  1. Guru menggunakan metode ceramah untuk menjelaskan pengertian pemuaian.
  2. Guru menjelaskan manfaatdan kerugian pemuaian, penyebab terjadinya pemuaian dengan metode ceramah.
  3. Guru strategi kooperatif dan media power point menjelaskan pengertian koofesien muai panjang pada bahan, pemuaian pemuaian zat padat, pemuaian luas, pemuaian zat cair, dan pemuaian zat gas.
  4. Guru menggunakan metode ceramah dan power poin untuk memformulasikan hukum boyle, gay-lussac, dan hukum tekanan.
  5. Guru menggunakan metode ceramah untuk dan tanya jawab untuk memformulasikan pemuaian zat padat, pemuaian luas, pemuaian zat cair, dan pemuaian zat gas dengan baik
  6. Guru menggunakan metode ceramah dan tanya jawab siswa untuk menghitung besar nilai pemuaian pada pemuaian zat padat, pemuaian luas, pemuaian zat cair, dan pemuaian zat gas.
  7. Guru memberi kesempatan dan apresiasi kepada siswa.
  8. Guru menjawab pertanyaan siswa.

 

  1. Siswa mendengarkan dengan penuh perhatian.
  2. Siswa mendengarkan dengan penuh perhatian.
  3. Siswa mendengarkan dengan penuh perhatian.
  4. Siswa mendengarkan dengan penuh perhatian
  5. Siswa mendengarkan dengan penuh perhatian.
  6. Siswa mendengarkan dan merespon pernyataan dan penjelasan guru.
  7. Siswa bertanya terkait konsep yang belum dimengerti.
  8. Siswa mendengarkan dengan penuh perhatian serta merespon pertnyataan dari guru dengan baik.

30 menit

Klasikal

  1. Kegiatan Akhir

 

 

Guru

Siswa

 

 

  1. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyimpulkan pelajaran yang telah dipelajari.
  2. Guru memberi kesimpulan yang benar.
  3. Guru memberikan tugas kepada siswa.
  4. Panjang dua batang baja masing-masing 20 m. Kedua batang tersebut dipasang berurutan pada suhu 22˚C. Kedua batang akan bersentuhan pada suhu  32˚C. Jika koofesien mua panjang baja 3x, tentukan jarak antara kedua batang pada saat bersuhu 22˚C.

Penyelesaian:

 

 

 

 

 

Pertambahan panjang baja:

 

 

 

Jarak kedua batang pada suhu 22˚C

 

 

Jadi jarak kedua batang pada suhu 22˚C adalah 1,2mm.

  1. Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
  2. Siswa mendengar kesimpulan yang dijelaskan oleh guru.
  3. Siswa mencatat tugas yang diberikan.

10 menit

Klasikal

 

  1. Penilaian
    1. Kognitif

No

Aspek yang dinilai

Jawaban

Nilai

 

1

 

Tes tertulis

  1. Jelaskan pengertian suhu dan pemuaian.
  2. Sebutkanlah tiga jenis termometer dengan benar.
    1. Jawab: suhu adalah ukuran derat panas atau dingin suatu benda. Pemuaian adalah suatu zat yang mengalami penyusutan panjang atau pertambahan panjang akibat dipanaskan atau didinginkan.
    2. Termometer raksa, temometer alkohol, termometer platina.
 

 

 

  1. Afektif

No

Aspek yang dinilai

Kriteria

4

3

2

1

1

2

3

 

 

Penuh perhatian pada saat menerima pelajaran

Mengumpulksn tugas tepat waktu.

Bersikap objektif dan demokratis.

 

 

 

 

 

 

  1. Psikomotor

No

Aspek yang dinilai

Kriteria

4

3

2

1

1

2

 

 

 

Dapat mengerjakan soal dengan baik.

Menyimpulkan hasil pembelajaran

 

 

 

 

 

                        Nilai tertulis =

Nilai karakter:

  1. Jujur dalam mengerjakan soal
  2. Toleransi sesama orang lain dalam perbedaan agama dalam pembelajaran
  3. Menghargai pendapat orang lain
  4. Demokratis dalam proses pembelajaran
  5. Komunikatif
  6. Bertanggung Jawab
  7. Rasa ingin tahu
  8. Berpikir kreatif,
  9. Kritis, dan logis
  10. Peduli dan serta berperilaku santun.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s