news

TUGAS

DESAIN ALAT PERAGA

NAMA: HARTANTO

NIM: 2010-43-104

PRODI: PEND. FISIKA

 

 

UNIVERSITAS PATTIMURA

JURUSAN PENDIDIKAN MIPA

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

AMBON

2013

 

  1. 1.      Pengertian alat peraga

Ada beberapa pengertian para ahli dalam mendefinisikan alat peraga yang digunakan sebagai media pendidikan, yaitu:

1)      Sudjana, 2009, Pengertian Alat Peraga Pendidikan adalah suatu alat yang dapat diserap oleh mata dan telinga dengan tujuan membantu guru agar proses belajar mengajar siswa lebih efektif dan efisien.

2)      Faizal, 2010, mendefinisikan Alat Peraga Pendidikan sebagai instrument audio maupun visual yang digunakan untuk membantu proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan membangkitkan minat siswa dalam mendalami suatu materi.

3)      Pujiati, 2004:3, Alat peraga adalah media pengajaran yang mengandung atau membawakan konsep-konsep yang dipelajari.

4)      Alat peraga merupakan benda real , gambar atau diagram            (Antonius C Prihandoko, 2008).

Berdasarkan pengertian diatas, maka dapat didefinisikan bahwa alat peraga pendidikan adalah merupakan segala sesuatu berupa media baik berupa gambar, diagram, audio maupun visual yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dan dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar pada diri siswa.

 

 

 

  1. 2.      Tujuan dan manfaat alat peraga

Berikut ini beberapa tujuan dan manfaat alat peraga disebutkan sebagai berikut:

  1. Tujuan

1)      Alat peraga pendidikan  bertujuan agar proses pendidikan lebih efektif dengan jalan meningkatkan semangat belajar siswa.

2)      Alat peraga dalam pengajaran, penggunaannya integral dengan tujuan dari isi pelajaran. Penggunaan alat peraga dalam pengajaran lebih diutamakan untuk mempertinggi mutu pembelajaran. Dengan perkataan lain dengan menggunakan alat peraga, hasil belajar yang dicapai akan tahan lama diingat siswa, sehingga pembelajaran mempunyai nilai tinggi. (Dirjen Dikdasmen, No.024/c/kep/R.1994).

 

  1. Manfaat

1)      Alat peraga pendidikan memiliki bermanfaat agar belajar lebih cepat segera bersesuaian antara di dalam kelas dan diluar kelas, alat peraga memungkinkan mengajar lebih sistematis dan teratur.

2)      Dapat meningkatkan minat anak, membantu tilik ruang, supaya dapat melihat antara ilmu yang dipelajari dengan lingkungan alam sekitar, anak akan lebih berhasil belajarnya bila banyak melibatkan alat inderanya, sangat menarik minat siswa dalam belajar, mendorong siswa untuk belajar bertanya dan berdiskusi, menghemat waktu belajar. (Ruseffendi, 1994:240; Gunawan dkk, 1996:37).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. 1.      Berdasarkan wawancara dengan guru fisika SMAN 3 Ambon, maka alat peraga adalah suatu alat pembelajaran yang digunakan oleh guru untuk menyampaikan informasi dan membantu proses pembelajaran agar pembelajaran berjalan semakin efektif.

Gambar 1.1 proses wawancara

Tujuan dari alat peraga tersebut yaitu agar pembelajaran lebih efektif dengan jalan meningkatkan semangat belajar siswa. Selain itu, manfaat alat peraga yaitu adalah membantu siswa agar lebih memahami apa yang disampaikan oleh guru terkait materi belajar.

Berdasarkan hasil dari wawancara dengan guru SMAN 3 AMBON maka, pernyataan pengertian, manfaat, dan tujuan alat perga sesuai dengan teori para ahli terkait.

1)      Sudjana, 2009, Pengertian Alat Peraga Pendidikan adalah suatu alat yang dapat diserap oleh mata dan telinga dengan tujuan membantu guru agar proses belajar mengajar siswa lebih efektif dan efisien.

2)      Faizal, 2010, mendefinisikan Alat Peraga Pendidikan sebagai instrument audio maupun visual yang digunakan untuk membantu proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan membangkitkan minat siswa dalam mendalami suatu materi.

Sedangkan tujuan dari alat peraga tersebut adalah agar proses pendidikan lebih efektif dengan jalan meningkatkan semangat belajar siswa dan bermanfaat sebagai agar belajar lebih cepat segera bersesuaian antara di dalam kelas dan diluar kelas, alat peraga memungkinkan mengajar lebih sistematis dan teratur.

Dibawah ini beberapa contoh alat peraga fisika yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran.

Gambar 1.2 magnet batang

Manfaat dari batang adalah untuk melihat garis-garis gaya magnet serta bertujuan bagi kehidupan sehari-hari yaitu sebagai kompas.

Gambar 1.3 Loop

Bermanfaat sebagai alat pembesar, misalnya untuk melihat benda-benda kecil, loop adalah salah satu alat optik yang digunakan pada microscop.

Gambar 1.4 multimeter

Manfaat dari multimeter yaitu untuk melihat besar aliran arus, tegangan, dan hambatan listrik.

 (a)  (b)

Gambar 1.5 (a) neraca O’haus, (b) neraca analitik

Manfaat dari kedua neraca tersebut adalah untuk mengukur berat suatu benda. Akan tetapi, neraca analitik lebih teliti dibanding dengan neraca O’haus.

 

 

 

 

 

 

  1. 2.      Dokumentasi wawancara di SMAN 3 Ambon

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s